Nobby Stiles, yang dikenang karena kisah gigi palsu di final Piala Dunia 1966, telah meninggal dunia.

Mengenang Nobby Stiles dan Gigi Palsu di Final Piala Dunia 1966

Nobby Stiles, yang dikenang karena kisah gigi palsu di final Piala Dunia 1966, telah meninggal dunia.

Football5Star.com, Indonesia – Kabar duka datang dari Manchester United. Salah satu pemain legendaris klub, Nobby Stiles, meninggal dunia pada usia 78 tahun pada Jumat (30/10/2020). Kabar duka itu diumumkan langsung oleh keluarga pemain timnas Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966.

“Keluarga Stiles bersedih hati mengumumkan bahwa Nobby Stiles telah meninggal dunia dengan damai hari ini (30/10/2020) dikelilingi oleh keluarganya setelah lama sakit. Keluarga meminta privasi selama masa berkabung ini, "kata pernyataan keluarga tersebut Football5Star.com dari Sky Sports.

Kabar duka membuat Stiles & # 39; mantan lawan mainnya di Piala Dunia 1966, Sir Geoff Hurst, sedih. Ia mengungkapkan kesedihannya yang mendalam melalui unggahan di akunnya Indonesia-nya.

Nobby Stiles adalah bagian dari skuad Inggris untuk pemenang Piala Dunia 1966. "Kelas =" wp-image-352856
theguardian.com

“Sedih sekali mendengar Nobby meninggal dunia. Kami bermain bersama untuk tim U-17, U-23 dan tentu saja timnas Inggris. Di stempel pertama saya, Nobby mencetak gol. Saya pikir dia memakai nomor 9. Dia adalah orang dengan karakter hebat dan semangat tim. Dia benar-benar akan dirindukan, "kata Hurst.

Sementara itu, akun timnas Inggris menyebut momen final Piala Dunia 1966 sebagai ucapan belasungkawa. Di sana tertulis, "Fotonya merayakan gelar Piala Dunia di Wembley masih sangat melekat sehingga lebih dari satu abad berlalu setelah hari itu dan dikenang karena penampilannya yang brilian di semifinal melawan Portugal."

Stiles Malu Tanpa Gigi Palsu

Mengingat Nobby Stiles, mustahil lepas dari momen final Piala Dunia 1966. Setidaknya ada dua hal yang membuatnya berkesan. Pertama, tentu saja membantuuntuk gol kontroversial Geoff Hurst yang menjadi pembicaraan sepanjang masa.

Hal kedua adalah foto selebrasi pemenang yang begitu ikonik karena tertawa lepas dengan memperlihatkan deretan gigi depan ompong. Itu terjadi karena mereka lupa memakai gigi palsu usai pertandingan dan trofi usai.

Mengenai gigi palsu, ada cerita menarik yang terungkap dalam buku “100+ Fakta Unik Piala Dunia” terbitan Serambi tahun 2010. Peristiwa foto Stiles dengan gigi ompong tak lepas dari kesalahan penyerang Ian. Callaghan. Sebelum final, Stiles rupanya sudah menitipkan gigi palsu kepada sang striker.

Nobby Stiles tidak memakai gigi palsu untuk merayakan gelar Piala Dunia 1966. "Kelas =" wp-image-352858
mirror.co.uk

“Tiga perempat jam sebelumnya memulaiNobby dan saya duduk berdampingan di tribun penonton di Stadion Wembley. Dia berkata, 'Cal, tolong taruh ini di saku Anda. Jika kami menang, segera turun dari tribun, '' kata Callaghan.

Baca:  Haruna Soemitro: Orang Terlalu Paranoid dengan Istilah Naturalisasi

Namun, rencana itu gagal. Callaghan diliputi euforia saat Inggris tampil sebagai juara dengan mengalahkan Jerman Barat 4-1. Dia baru saja melupakan pesan Stiles tentang gigi palsu di sakunya. Alhasil, Stiles pun harus menutup mulutnya dengan rapat saat bersalaman dengan Ratu Elizabeth II.

"Ketika mereka menang, saya terlambat keluar dari tribun. Jika Anda ingin tahu mengapa Nobby diabadikan dalam foto dengan Piala Dunia di atas kepala dan kaus kaki diturunkan, juga dengan mulut terbuka menunjukkan giginya, itu karena dia gigi palsu masih ada di saku saya, ”kata Callaghan.

Bahkan setelah Callaghan memberikan gigi palsu, Nobby Stiles tidak langsung memakainya. Itu terekam dalam foto yang menunjukkan dia menari dengan Jules Rimet Trophy di satu tangan dan tangan lainnya memegang gigi palsu. Cuma spontan saja. Saya tidak menyadari apa yang dilakukan saat itu. Saya sendiri bukan penari yang baik, kata Stiles.

Sekarang, Nobby Stiles telah melewati pangkuan Tuhan. Namun, kisahnya sebagai peraih gelar Piala Dunia pertama untuk Inggris dan Piala Champions pertama untuk Manchester United tidak akan pernah terlupakan. Begitu pula dengan tarian dan gigi ompong di Wembley. Selamat tinggal Nobby …

Pos Remembering Nobby Stiles dan gigi palsu di Final Piala Dunia 1966 muncul pertama kali di Berita Sepak Bola Terbaru, Skor Langsung, Jadwal & Klasemen – Football5star.com.