Moneyball Disebut Jadi Alasan Liverpool Rekrut Ben Davies

Moneyball Disebut Jadi Alasan Liverpool Rekrut Ben Davies

DBasia.news – Nasib Ben Davies tampak akan segera berubah. Bek Preston North End itu tinggal selangkah lagi resmi bergabung dengan Liverpool.

Dari klub divisi dua Liga Inggris ke juara bertahan Premier League. Meski begitu Davies diharapkan bisa mengatasi masalah krisis bek tengah yang dialami armada Jurgen Klopp.

Keputusan menjatuhkan pilihan kepada Davies terbilang mengejutkan. Pasalnya The Reds sebenarnya memiliki banyak pilihan. Liverpool dikabarkan sempat melirik bek Arsenal Shkordan Mustafi dan bek West Ham United Issa Diop.

Tidak hanya itu, nama bek Bayern Munchen David Alaba disebut ada dalam daftar belanja Klopp. Bahkan Liverpool sudah melakukan pendekatan sejak awal tahun.

Seperti dilansir Mirror, faktor harga, pengalaman, dan kemampuan menjadi pertimbangan utama Liverpool untuk menambah pasukan pada bursa transfer Januari ini. Jelas saja, dibanding nama-nama bek lain, harga Davies lebih murah.

Liverpool mendapatkan Davies, bek berusia 25 tahun, hanya dengan 2 juta poundsterling. Preston terpaksa melepas Davies ketimbang kehilangannya secara gratis pada bursa transfer musim panas mendatang karena kontrak habis.

Keputusan Liverpool tidak lepas dari metode yang dikenal dengan Moneyball. Metode perekrutan ini diciptakan oleh Billy Beane, seorang ahli statistik yang kemudian menjadi kunci sukses klub bisbol Boston Red Sox, yang juga di bawah FSG, satu induk dengan Liverpool.

Singkatnya, Moneyball adalah metode perekrutan menggunakan data statistik. Intinya, mencari pemain bernilai rendah yang memiliki data dan statistik bagus, serta sesuai dengan kebutuhan tim.

Untuk Davies, Jurgen Klopp disebut tak menerima satu pun penilaian negatif dari para pemandu bakatnya. Dengan 250 penampilan di tim senior, Davies dinilai sudah matang untuk bermain di level yang lebih tinggi. Bahkan manajer Manchester City Pep Guardiola dikabarkan juga meminati Davies yang tampil solid dalam laga melawan City di Piala Liga musim lalu.

Baca:  Alaba Terbuka untuk Pindah ke Liverpool

Davies juga ada dalam bidikan beberapa klub Bundesliga. Juara Liga Skotlandia asuhan Steven Gerrard Glasgow Celtic, bahkan terang-terangan menyatakan menginginkan jasanya pada bursa transfer musim dingin ini.

Davies ternyata juga bukan target baru Liverpool. Dia sudah dipantau sejak masuk tim senior Preston pada musim 2017-2018.

Apakah Moneyball kali ini akan berhasil, seperti saat Liverpool mendatangkan Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Gini Wijnaldum, atau Andrew Robertson? Menarik ditunggu.

The post Moneyball Disebut Jadi Alasan Liverpool Rekrut Ben Davies appeared first on DBAsia News.