Nostalgia Hari ini: Dramatis Sampai Habis, Persija Klaim Gelar Kesebelas

Nostalgia Hari ini: Dramatis Sampai Habis, Persija Klaim Gelar Kesebelas

Nostalgia Hari ini: Dramatis Sampai Habis, Persija Klaim Gelar Kesebelas

Football5Star.com, Indonesia – 9 Desember 2018, menjadi hari bersejarah buat Persija Jakarta yang mengunci gelar kesebelas. Dalam perebutan gelar ini, mereka mendapatkannya dengan momen-momen dramatis hingga akhirnya didapuk juara.

Liga 1 2018 memang berjalan sangat sengit, terutama dalam perebutan gelar juara. Dua pacuan, yakni Macan Kemayoran dan PSM Makassar memang sudah saling sikut sejak tengah musim. PSM padahal sepanjang musim ini beberapa kali bertahan sebagai pemuncak klasemen sementara.

Akan tetapi, pada akhir-akhir musim, poin Juku Eja perlahan-lahan mulai dikejar oleh Persija. Bahkan gelar juara harus ditentukan sampai musim habis. PSM Makassar menjamu PSMS Medan di Mattoangin, sementara Persija melawan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Harinya sama, yakni 9 Desember 2018.

Persija Jakarta vs Mitra Kukar - Liga 1 - Juara - @Persija_Jkt

Hanya kemenangan yang bisa membawa kedua tim menjadi kampiun di musim itu. Sebab, kedua tim hanya terpisahkan satu poin saja. Persija meraih 59 poin, sedang PSM 58 angka. PSM pun tampil beringas dengan menggasak PSMS Medan 5-1. Bahkan, hasil itu membuat PSMS akhirnya harus turun kasta ke Liga 2.

Namun demikian, Persija pun nyatanya sukses meraih kemenangan. Ismed Sofyan dan rekan-rekan kala itu bisa menang berkat dua gol Marko Simic. Sedang Aldini Herdianto sempat mencetak satu gol buat Mitra Kukar menit ke-88. Macan Kemayoran pun akhirnya didaulat sebagai juara musim itu sekaligus merebut gelar kesebelasnya.

Klub Tersukses Sejak Era Perserikatan

Semenjak era 2000-an, Persija Jakarta memang baru memperoleh dua gelar. Namun, gelar kesebelas yang mereka dapatkan kala itu kian mengukuhkan diri menjadi klub paling sukses di Indonesia.

Lima Faktor Kunci Persija Jakarta Juara Liga 1

Tim yang bermarkas di SUGBK itu mengoleksi sembilan gelar pada era Perserikatan, yakni 1931, 1933, 1934, 1938, 1954, 1964, 1971-73, 1973-75, 1978-79. Lalu, dua gelar lagi diraih mereka era Ligina sampai Liga 1.

Baca:  Thiago Silva Ingin Akhiri Masanya di PSG Dengan Gelar Champions League

Persija juga total sudah tujuh kali duduk sebagai runner-up. Lima pada era perserikatan, sedang dua kali di era Ligina. Catatan istimewa lain ialah, mereka juga belum pernah sekalipun turun kasta.

The post Nostalgia Hari ini: Dramatis Sampai Habis, Persija Klaim Gelar Kesebelas appeared first on Berita Bola Terupdate, Live Score, Jadwal & Klasemen – Football5star.com.